WARTAMUSLIM.COM  – Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengeluarkan surat edaran Sanitasi Siaga Masjid sebagai bentuk antisipasi terhadap wabah corona. Salah satu imbauannya adalah menyarankan jemaah membawa sajadah atau alas sujud sendiri saat shalat ke masjid.

Surat Imbauan Sanitasi Siaga Masjid/Mushalla diterbitkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla pada Senin (02/03/2020). Imbauan Sanitasi Siaga itu ditujukan kepada seluruh jajaran DMI bersama DKM dan takmir masjid dan mushalla. “Teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushalla dengan cairan disinfectan,” kata Kalla. Selanjutnya dia juga mengimbau untuk menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya secara rutin, sangat dianjurkan menggunakan vacuum cleaner.

Selanjutnya adalah kebersihan tempat wudhu dan toilet. “Mengimbau para jemaah shalat untuk membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing,” imbuhnya. “Meminta para jemaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit flu/salesma agar shalat melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh,” ujar mantan wakil presiden itu.

Ketua DMI juga mengimbau untuk ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus Corona (Covid-19). Jika ada warga masyarakat, khususnya di sekitar masjid/mushalla, yang dicurigai terdampak virus Corona, Kalla mengimbau agar segera melapor.

Tinggalkan Balasan
Berita lain untuk anda

Revisi PPKM Darurat, Masjid Tidak Lagi Ditutup

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri merevisi aturan pelaksanaan pembatasan…