WARTAMUSLIM.COM – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Senin lalu (17/5) menyebut Presiden AS Joe Biden memiliki “tangan berdarah” karena mendukung pemboman Israel di Jalur Gaza yang kondisinya sedang terkepung.

“Dengan tangan berlumuran Anda sedang menulis sejarah,” kata Erdogan dalam pidato yang disiarkan televisi yang ditujukan kepada Biden. “Anda memaksa kami untuk mengatakan ini. Kami tidak bisa mundur,” tambah presiden Turki seperti dikutip dari middleeasteye.net.

Erdogan telah menghabiskan beberapa bulan terakhir mencoba memperbaiki hubungan yang kurang baik dengan Washington dan telah menjangkau sekutu Barat lainnya setelah setahun terjadi perselisihan.

Tetapi pernyataan hari Senin lalu merupakan salah satu serangan terkuatnya terhadap Biden sejak kedatangannya di Gedung Putih pada Januari.

“Hari ini kami melihat tanda tangan Biden pada penjualan senjata ke Israel,” kata Erdogan mengacu pada laporan media AS tentang pengiriman senjata baru yang disetujui oleh pemerintahan Biden.

“Wilayah Palestina dibanjiri dengan penganiayaan, penderitaan dan darah, seperti banyak wilayah lain yang kehilangan kedamaian. Dan Anda mendukungnya,” kata Erdogan.

Tekanan pada Biden termasuk pernyataan dari presiden Turki ketika itu juga pemerintahan Biden dilaporkan memblokir Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan pernyataan bersama yang menyerukan gencatan senjata segera antara Israel dan Hamas.

Tekanan semakin meningkat inilah pada Biden untuk menyerukan gencatan senjata, karena pemboman hebat Israel di Gaza memasuki minggu kedua.

Disisi lain Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu bahwa perang Israel di Gaza akan “memakan waktu” dan berlanjut “selama diperlukan”.

Menurut kementerian kesehatan Gaza, setidaknya 212 orang, termasuk 61 anak-anak, telah tewas sejak Israel melancarkan serangan militernya di Gaza pada 10 Mei.

Hingga hari Minggu (16/5), beberapa Senat Demokrat, mendesak pemerintahan Joe Biden untuk mendorong dan segera melakukan gencatan senjata.

Tinggalkan Balasan
Berita lain untuk anda

Neisya Shabina Berhasil Hafal 30 juz Alquran di Usia 15 Tahun

WARTAMUSLIM.COM, ACEH – Anak dari Bahrum dan Fitriani ini berhasil mengkhatamkan hafalannya…

Din Syamsuddin: Ustadz Adi Hidayat Difitnah

wartamuslim.com, Jakarta – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI,…

Sejak Zaman Rasulullah Fenomena “Yahudi Pesek” Sudah Ada

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA– Yahudi Pesek menjadi sebutan istilah yang meramaikan jagad berita media…