Jamaah Sholat Idul Fitri 1442 Masjid Al-Iman (foto:ANC)

WARTAMUSLIM.COM, BEKASI –Masjid Al-Iman salah satu masjid raya terletak di Perumahan Harapan Baru I, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi adalah salah satu masjid yang menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H dalam suasana Pandemi Covid-19.

Mengacu pada aturan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang mengeluarkan aturan resmi pelaksanaan Shalat Idul Fitri tahun 2021. Aturan tersebut tercantum dalam Surat Edaran No SE 07 tahun 2021, tentang Panduan Penyelenggaraan Sholat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M dalam keadaan Wabah atau Pandemi Covid-19.


Dalam aturan ini berbeda tahun lalu, Shalat Idul Fitri tahun 1442 H ini pelaksanaan di luar ruangan seperti di Lapangan atau Masjid tidak akan dilarang. Namun demikian agar aktivitas ini bisa terselenggara dengan baik maka semua harus mengikuti aturan yang ditetapkan Kemenag.

Shalat Idul Fitri tidak dilarang di masjid atau lapangan yang sudah dinyatakan aman dari Covid-19. Syaratnya adalah daerah tempat penyelenggaraan harus zona hijau dan kuning berdasarkan penetapan pihak berwenang.


Selain itu, panitia juga harus melakukan koordinasi dengan tim Satgas Covid-19 sebelum menggelar Shalat Idul Fitri di lapangan atau masjid.

Menyikapi hal diatas Masjid Al-Iman menerapkan apa yang disyaratkan oleh pemerintah pusat dan daerah serta lingkungannya melalui Kelurahan dan Pengurus RW setempat. Jadi penyelenggaraan sholat Idul Fitri yang sudah dilaksanakan di Masjid Al-Iman, Kamis (13/05/2021) aman dan penerapan Prokes Covid-19 dilaksanakan dengan baik.

Barikut data dari Panitia penyelenggara Sholat Idul Fitri 1442H, yang sudah dilaporkan ke Kelurahan Kotabaru:

Nama Masjid : Al – Iman
Alamat Masjid : Jl. Pepaya 1 RT. 8/5 Kotabaru
Jumlah Jama’ah : ± 150 Jama’ah
Nama Ketua DKM : Aswendy Dahdir
Alamat Ketua DKM : Jl. Pepaya 1 No. 20 RT. 8/5 Kotabaru
Nama Imam : Ust. Muhammad Arifin Ilham
Alamat Imam : Jl  Nangka 7 RT. 7/5 Kotabaru
Nama Khotib : Dr. Gende Muda Hutasuhut
Alamat Khotib : Jl. Citandui No. 63 RT. 4/19 Harapan Jaya
Tema / Judul Khutbah : Pentingnya meningkatkan Sumber Daya Pemuda dan Remaja
Keterangan : Ust. Muhammad Arifin Ilham adalah Remaja Masjid Al-Imam usia 17 Tahun dan  Hafidz Qur’an

Ketua DKM Al-Iman Aswendi Dahdir menyampaikan “Masjid tetap akan menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1442 H, namun untuk mengantisipasi semua itu Masjid mempersilahkan dibagi-bagi beberapa sektor wilayah penyelenggaraannya, dan dari Masjid sendiri akan mengoptimalkan pengurus serta Relawan Masjid untuk benar-benar menerapkan dan menjaga prokes secara sungguh-sungguh, kata Aswendi.

“Bahkan untuk Relawan Masjid Al-Iman diberi fasilitas penuh ala-alat prokes, mulai bahan-bahan kimia penyemprotan dan pengasapan, alat ukur, masker sensi untuk dirinya dan jamaah, serta para relawan berjumlah 15 pemuda diberi Rompi seragam sebagai identitas kerja mereka” ujar Aswendi.

Dua hari sebelum dilaksanakan Pengurus RW setempat sudah memberikan edaran No.004/05/KI-KBV/2021, perihal Pelaksanaan Sholat id 1442H menindaklanjuti arahan dari Walikota Bekasi, MUO Kota Bekasi, perihal Pelaksanaan, dan juga dari pihak kelurahan melakukan hal yang sama ditambah formulir pendataan pelaksanaan sholat Id yang harus diisi oleh panitia dari DKM. 

Penyelenggaraan sholat idul fitri di wilayah RW.05 dibagi enam wilayah yaitu:
1. Sektor utama RT. 04, 08, 10 di Masjid Al-Iman 
2. Sektor (1) RT. 01, 02, 03 (Lapangan olah raga bulutangkis Jalan Nangka Raya)
3, Sektor (2) RT. 05, 06,07 (Lapangan olah raga bulutangkis Jalan Nanas Raya)
4. Sektor (3) RT. 09 (sepanjang jalan Pepaya Raya)
5. Sektor (4) RT. 11 (sepanjang jalan Aster 3
6. Sektor (5) RT. 12 (di Mushola Itiqomah) 

Hal itu sengaja dilakukan oleh pengurus RW, Gatot Istiadi selaku Ketua RW.05 Kotabaru yang dihubungi oleh media setempat menyampaikan agar tidak terjadi kepadatan dan kerumunan yang begitu banyak, maka dibagi beberapa sektor-sektor selain di Masjid. 

Sektor (1) RT. 01, 02, 03 (Lapangan olah raga bulutangkis Jalan Nangka Raya)

Sektor (2) RT. 05, 06,07 (Lapangan dan Pos Taklim 567 Jalan Nanas Raya)

“Untuk menindaklanjuti arahan dari Walikota Bekasi dan MUI kota Bekasi, terkait kondisi saat ini, maka kepada panitia diminta untuk menerapkan Prokes 3 M dan menghindari kerumunan maka dilakukan pembagian tiap-tiap sektor, ujar Gatot.

Tinggalkan Balasan
Berita lain untuk anda

Neisya Shabina Berhasil Hafal 30 juz Alquran di Usia 15 Tahun

WARTAMUSLIM.COM, ACEH – Anak dari Bahrum dan Fitriani ini berhasil mengkhatamkan hafalannya…

Din Syamsuddin: Ustadz Adi Hidayat Difitnah

wartamuslim.com, Jakarta – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah dan Ketua Dewan Pertimbangan MUI,…

Sejak Zaman Rasulullah Fenomena “Yahudi Pesek” Sudah Ada

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA– Yahudi Pesek menjadi sebutan istilah yang meramaikan jagad berita media…