Sholat Id/Andrey Nikerichev/Moskva Agency

WARTAMUSLIM.COM – Masjid Katedral Moskow, masjid yang pada tahun 2015 diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas, dan para tokoh Muslim lokal juga masyarakat Moskow yang ikut menyaksikan peresmian Masjid Katedral Moskow tersebut.

Peresmian Masjid oleh Presiden Rusia Vladimir Putin disaksikan presiden Turki, dan Otoritas Palestina Mahmoud Abbas 2015

Sejak Umat Islam hadir di Moskow, orang-orang Rusia mulai mengenal Islam lebih dekat dan sebagian mereka memeluk Islam seperti Anastasiya Korchagina yang berganti nama menjadi Aisha Korchagina setelah masuk Islam sejak 7 tahun silam.

Moskow secara perlahan beradaptasi untuk menjadi kota Muslim terbesar di Eropa dan Muslim secara bertahap beradaptasi di negara itu dan kini di tahun 2020, pertumbuhannya semakin meningkat.

Meski menyandang status sebagai salah satu masjid terbesar di Eropa, Masjid Agung Moskow tetap tak mampu menampung seluruh jemaah yang hendak melakukan salat Id selama Hari Raya Idul Adha.

Setiap Sholat Idul Fitri dan idul Adha, ke-4 Masjid terbesar di Moskow tidak mampu menampung jamaah yang membludak, termasuk Masjid Kathedral Moskow atau Masjid Agung Moskow ini.

Ada empat masjid yang bisa kita kunjungi di kota Moskow: Masjid Agung, Masjid Historis, Masjid Memorial, dan Masjid Yardem. Yang terbesar adalah Masjid Agung Moskow.

Kondisi umat Islam di Rusia saat ini jauh lebih baik daripada selama masa Uni Soviet. Namun, masyarakat muslim masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti sulitnya mendapatkan izin pembangunan masjid.

Warga muslim Rusia percaya bahwa masalah semacam itu dapat diselesaikan dengan berdialog dan meningkatkan toleransi antarumat beragama.

Diperkirakan ada lebih dari 20 juta muslim yang bermukim di Rusia. Dan jumlah ini terus akan meningkat melihat setiap hari lebih dari 10 warga Rusia memeluk Islam.

Tinggalkan Balasan