Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Fachrul resmi ditunjuk Jokowi sebagai menteri agama periode 2019-2024 (ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI)

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA– Kementerian Luar Negeri yang memanggil Duta Besar Perancis dan menyampaikan kecaman atas pernyataan Presiden Perancis yang dinilai sangat menghina umat Islam mendapat dukungan penuh oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

Fachrul Razi mengatakan pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan seluruh umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme.

Dalam keterangan tertulisnya , Kamis, 29 Oktober 2020, Fachul menyampaikan “Setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain dalam hal ini Islam, termasuk terkait pemahaman menggambarkan Nabi Muhammad SAW.

Fachrul mengatakan, kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh melampaui batas atau kebablasan hingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apapun.

Menurut orang nomor satu di Kementrian Agama, menghina simbol agama sendiri atau agama lailn dapat dianggap sebagai tindakan melanggar hukum. Dan pelakunya harus dihukum sesuai ketentuan yang berlaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Begitu juga, Fachrul mengingatkan tidak dibenarkan umat Islam melakukan tindakan main hakim sendiri. Apalagi dengan menyerang dan membunuh pemeluk agama lain. Sebab, Islam merupakan agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Fachrul menghimbau. “Keagungan Islam tidak bisa ditegakkan dengan melanggar nilai-nilai kemanusiaan. Tunjukkan sikap tegas dengan tetap menjunjung tinggi watak umat beragama yang menolak tindak kekerasan,” kata dia.

You May Also Like

Ketua MUI: Artis Lebih Dihargai daripada Ustadz dan Ulama

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Pusat Cholil Nafis secara…

Polisi Penembak Laskar FPI Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Seorang Polisi yang terlapor kasus dugaan unlawful killing atau…

Isbat Awal Ramadan Digelar Daring dan Luring 12 April 2021

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H akan digelar…