WARTAMUSLIM.COM – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Mardani Ali Sera mengusulkan kepada pemerintah Indonesia membuat lembaga khusus untuk mendorong kemerdekaan Palestina, sekaligus mendukung sikap Indonesia yang menolak aneksasi atau pencaplkan wilayah Palestina oleh Israel.

Hal itu disampaikan Mardani dalam pertemuan Pimpinan BKSAP dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, Jumat (03/07/2020). “Bu Menteri, BKSAP DPR mendukung penuh kebijakan Kemenlu RI melawan kebijakan ‘Deal of Century’ yang akan dijalankan Israel menganeksasi tepi barat Palestina dan lembah Jordan,” kata Mardani di Gedung Pancasila, Kementrian Luar RI.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan dukungan terhadap Palestina dan perlawanan terahadap Israel merupakan amanah konsitusi kita menolak penjajahan dalam bentuk apapun. Penolakan luas yang dilakukan di berbagai belahan dunia membuat Israel menunda pencaplokan wilayah Palestina yang rencananya dilakukan pada 1 Juli 2020.

Dalam kesempatan itu Mardani mengusulkan pembentukan lembaga khusus untuk mendorong kemerdekaan Palestina. Langkah itu akan menjadi bukti bahwa Indonesia terdepan mendorong kemerdekaan Palestina.

“Saya usulkan perlunya lembaga khusus untuk mendorong perjuangan kemerdekaan Palestina,” usul Mardani.

Lembaga itu ia gambarkan berada di bawah struktur Kemenlu RI yang bertugas menjalankan fungsi diplomasi khusus untuk mewujudkan Palestina Merdeka. Pran lembaga itu adalah menggalang dukungan komunitas Internasional mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Dananya kalau perlu bisa kita galang dari masyarakat untuk institusi ini,” ujar Mardani.

BKSAP DPR mendorong pemerintah untuk bisa terus bersuara keras di komunitas Internasional menolak penjajahan dalam bentuk apapun, bahkan terhadap tekanan yang dilakukan Amerika Serikat terhadap Indonesia.

“Sampai Palestina medeka, tidak di blokade lagi, Jerusalem tidak di klaim sepihak milik Israel dan mendukung agar masyarakat Palestina bisa hidup dengan lebih layak sebagai warga negara dunia,” pungkasnya.

You May Also Like

Ketua MUI: Artis Lebih Dihargai daripada Ustadz dan Ulama

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Pusat Cholil Nafis secara…

Polisi Penembak Laskar FPI Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Seorang Polisi yang terlapor kasus dugaan unlawful killing atau…

Isbat Awal Ramadan Digelar Daring dan Luring 12 April 2021

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H akan digelar…