Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Camat Bekasi Barat H. Muhamad Bunyamin, S.Sos., M.Si. dan diikuti oleh hampir seluruh ketua/pengurus DKM di lingkungan kecamatan Bekasi Barat (Foto:WM)

WARTAMUSLIM.COM, KOTA BEKASI – Bertempat di Aula Kecamatan Bekasi Barat, seluruh Masjid-Masjid di wilayah Kecamatan Bekasi Barat mengirimkan masing-masing pengurus DKM untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Pembuatan Sistem Informasi Masjid (SIMAS).

Undangan Pengurus DKM se-kecamatan Bekasi Barat (Foto:WM)

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Camat Bekasi Barat H. Muhamad Bunyamin, S.Sos., M.Si. dan diikuti oleh hampir seluruh ketua/pengurus DKM di lingkungan kecamatan Bekasi Barat (+/- 100 pengurus DKM yang hadir)

Camat Bekasi M. Bunyamin dalam pembukaan mengatakan apabila ada persyaratan yang mengenai pembuatan SIMAS akan dipermudah dalam proses tanah wakaf dan tanah fasum-fasum akan dibantu dan memberikan rekomendasi dan tidak diajukan tidak kena pajak karena untuk umat.

Bunyamin juga menyampaikan bahwa pihaknya dengan MUI Kecamatan Bekasi Barat sedang membangun kantor MUI.

“Kami dengan MUI Bekasi Barat sedang bekerja sama membangun gedung MUI di sekitar kantor Kecamatan Bekasi Barat, khusus untuk umat Islam”, kata M. Bunyamin

Hadir sebagai Nara sumber dalam kegiatan ini KH. Jaja Jaelani, MM. Selaku Ketua PD DMI Kota Bekasi dan H. Mirza,, SAg. Dari Seksi Urusan Agama Islam Kementerian Agama Kota Bekasi.

Turut hadir Kepala KUA Kecamatan Bekasi Barat H. Nawawi, SHI., beserta Ketua MUI Kecamatan Bekasi Barat KH.  Hasan Basri, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Bekasi Barat H. Abdullah Syafei, M.Ag., Ibu Agus Iryani, S.Pd., dan jajaran Pengurus PD DMI Kota Bekasi maupun PC DMI Kecamatan Bekasi Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi tentang tata cara  pengurusan Surat Keterangan Terdaftar dalam Sistem Informasi Manajemen Masjid (SIMAS) sekaligus jemput bola dan memberikan kemudahan bagi pengurus DKM dalam membuat SKT SIMAS tersebut. (Akhmad Faisal-Panitia Pelaksana- Ketua PC DMI Kecamatan Bekasi Barat)

Ketua PD DMI Kota Bekasi,, KH.  Jaja Jaelani, MM. Dalam paparannya menyampaikan beberapa point:

  1. Masjid berfungsi sebagai  tempat ibadah dan juga  sebagai  tempat pembinaann umat dibidang pendidikan, sosial, kesehatan dan bidang terkait lainnya
  2. Menyambut baik kerjasama antara PD DMI Kota Bekasi dengan Kementerian Agama Kota Bekasi untuk mendapatkan data masjid yang autentik dan terkini
  3. Dengan data yang lengkap akan memudahkan dalam membuat program skala prioritas
  4. Sistem Informasi Masjid merupakan sistem yang dibuat sebagai Bank Data dan dapat dijadikan sumber informasi tentang masjid di Kota Bekasi
  5. Program pendataan ini akan berlanjut di semua kecamatan sebanyak 12 kecamatan sekota Bekasi
  6. Juga diharapkan masjid dalam pengelolaan zakat hendaknya mengikuti peraturan perundang-undangan dengan membentuk UPZ Masjid dan segera mengurus izinnya ke BAZNAS kota Bekasi.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan  persyaratan dan kelengkapan berkas yang dibutuhkan dalam pembuatan SKT SIMAS bagi pengurus DKM yang hadir dalam kegiatan tersebut. (WM)

Tinggalkan Balasan
Berita lain untuk anda

Revisi PPKM Darurat, Masjid Tidak Lagi Ditutup

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri merevisi aturan pelaksanaan pembatasan…

Tidak Semua Meninggal Covid-19 Mati Syahid

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Pakar Ilmu Alquran KH Ahsin Sakho mengatakan, Rasulullah SAW pernah…