WARTAMUSLIM.COM – Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) menegaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara dan falsafah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah final. Selain itu, Wantim MUI juga mendesak agar Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dicabut dari program legislasi nasional (prolegnas).

“Kami memantapkan hati untuk mengawal Pancasila dari setiap upaya untuk mengubahnya atau menafsirkan sepihak. Dalam kaitan ini sesuai Sesuai Maklumat Dewan Pimpinan MUI yang diperkuat oleh Pernyataan Dewan Pertimbangan MUI, menetapkan hati dan pikiran agar Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dicabut dari Prolegnas,” kata Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof. Din Syamsuddin dalam taujihad yang disampaikan merespon isu-isu aktual keumatan dan kebangsaan di Jakarta, Rabu (15/07/2020).

Din menyebut upaya mengotak-atik Pancasila sebagaimana kesepakatan pada 18 Agustus 1945 adalah kontra produktif dan potensial menciptakan pertentangan dalam kehidupan bangsa.

Seperti diketahui, RUU Hauan Ideologi Pancasila (HIP) masuk dalam program legislasi nasional. Kemunculan RUU itu mengundang penolakan dari berbagai elemen bangsa, terutama umat Islam, karena dinilai sebagai upaya mengubah Pancasila.

Dalam kesempatan yang sama, DPR dan pemerintah diminta agar tidak membentuk peraturan dan perundangan yang tidak membawa kemaslahatan masyarakat. Wantim MUI menekankan agar DPR dan pemerintah tak membentuk aturan yang hanya menguntungkan segelintir pengusaha saja.

“Seperti RUU Omnibus Law dan UU Minerba hendaknya untuk ditinjau ulang demi kepentingan kedaulatan negara,” imbuh Din.

You May Also Like

Ketua MUI: Artis Lebih Dihargai daripada Ustadz dan Ulama

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Pusat Cholil Nafis secara…

Polisi Penembak Laskar FPI Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Seorang Polisi yang terlapor kasus dugaan unlawful killing atau…

Isbat Awal Ramadan Digelar Daring dan Luring 12 April 2021

WARTAMUSLIM.COM, JAKARTA – Sidang isbat (penetapan) awal Ramadan 1442 H akan digelar…